Mengenal Klenteng Tertua Di Banyumas BOEN TEK BIO

Unknown Reply 23.55

Pertama saat saya mengunjungi kota kelahiran saya, saya ingin mengexplore area klenteng BOEN TEK BIO yang berada di Jl.Pungkuran tak jauh dari aliran sungai serayu, saat pertama melihat klenteng ini saya takjub sangat berbeda dengan dahulu , saat saya tanyakan kepada petugas ternyata klenteng ini pernah terbakar pada tahun bulan oktober tahun 2012 dan baru selesai renovasi akhir tahun 2015. Tempat beribadah umat khonghucu ini tak jauh dari lokasi pemerintahan Kecamatan Banyumas atau lebih tepatnya sebelah Pasar Banyumas, Klenteng Boen Tek Bio Banyumas ternyata klenteng tertua di Kabupaten Banyumas yang diperkirakan di bangun pada tahun 1826. bangunan ini sempat digunakan sebagai gedung Sekolah Dwi Tunggal, SMP Negeri 1 Banyumas, dan SD Kristen Banyumas, sebelum baru digunakan sebagai kelenteng sejak 1960




(Tampak Dalam Klenteng BOEN TEK BIO)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Search

Wong cilik lahir di Sudagaran - Banyumas

Lahir 1974 di Banyumas dari seorang ayah bernama Sudiman anak seorang tukang yang bernama Tirtadiwirya, dari kakek buyut Suramedja yang berprofesi sebagai sipir di LP Banyumas

Manunggaling Kawulo Raharjaning Praja

Manunggaling Kawulo Raharjaning Praja

Follow us

Popular Posts